Dunia Diramal Resesi, Prabowo Terpaksa Tunda Beli Alutsista

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (Dokumentasi Emir Yanwardhana/CNBC Indonesia)

Indonesia memiliki waktu kurang dari setahun untuk memenuhi mencapai target Minimum Essential Force (MEF) sebesar 100%. Sementara itu, pemerintah baru memenuhi sekitar 70% pada 2022.

Sementara itu, pemerintah akan memasuki tahap keempat Minimum Essential Force (MEF) periode 2020-2024

Menanggapi hal ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa fokus pemerintah dalam dua atau tiga tahun terakhir adalah menghadapi krisis dunia dan ancaman pandemi Covid-19 yang luar biasa.

“Pemerintah fokusnya adalah melindungi rakyat. jadi anggaran-anggaran kita fokus kepada mengatasi Covid. Jadi kalau masalah alutsista tertunda itu kita harus menghadapinya,” kata Prabowo Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan Tahun 2023 di Jakarta, Kamis, (18/1/2023).

Menurutnya, pemerintah berhasil mengatasi tantangan ini. Saat ini, lanjutnya, fokus pemerintah adalah mengamankan ekonomi.

“IMF meramalkan resesi dunia, sekitar tadi berapa disebut? Sepertiga negara di dunia, 70 negara oleh IMF diramalkan akan jadi pasien IMF alias bangkrut, jadi kita bersyukur kita masih kuat, papar Prabowo.

Disamping target pencapaian MEF, dia menegaskan yang terpenting adalah keyakinan bahwa pemerintah bisa mampu menjaga republik ini.

“Kita punya kekuatan-kekuatan, ketahanan kita luar biasa. Jadi saya kira soal perlengkapan kita, kemampuan industri dalam negeri luar biasa, kita percaya kepada kekuatan kita sendiri, di mana pemerintah fokusnya adalahh melindungi rakyat. Jadi anggaran2 kita fokus kepada mengatasi Covid, jadi kalau masalah alutsista tertunda itu kita harus menghadapinya,” jelas Prabowo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*