Jokowi: Zakat Saat Ramadan Bisa Turunkan Kemiskinan Ekstrem

Penyerahan Zakat Presiden dan Wakil Presiden Serta Para Menteri dan Pejabat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh masyarakat untuk menunaikan kewajiban zakat di bulan suci Ramadan. Hal itu diungkapkan kepala negara dalam acara penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tahun 2023, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Dalam kesempatan itu tidak hanya Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang menunaikan zakat, beberapa menteri seperti Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno juga turut serta dalam kesempatan itu.

Presiden mengungkapkan di bulan suci Ramadan, umat Islam diajarkan untuk meningkatkan ketakwaan. Tidak hanya dengan puasa, tapi juga amalan seperti infak dan zakat.

“Zakat kewajiban semua umat islam sebagai wujud rasa syukur dengan berbagi rezeki menafkahkan diberikan saudara kita yang membutuhkan,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Selain wajib bagi umat islam, zakat juga dilakukan untuk untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem. Sehingga dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menunaikan zakat.

“Karena itu dalam kesempatan baik ini saya mengimbau kepada seluruh umat islam khususnya pejabat, aparatur sipil negara, Badan Usaha Milik Negara dan seluruh kepada daerah untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas sehingga dana zakat dapat dikelola secara profesional dan transparan,” kata Jokowi.

Kepala negara juga berpesan supaya dana zakat yang terkumpul supaya bisa disalurkan tepat sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*