SETC & INOTEK Kerja Sama Gelar Pelatihan UMKM di Kota Serang

Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) bekerja sama dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), menggelar talkshow dan pendampingan bertajuk 101 Transformasi Digital Bagi UMKM sebagai rangkaian kegiatan dari UMKM Untuk Indonesia (UUI) di kota Serang.

Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) bekerja sama dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), menggelar talkshow dan pendampingan bertajuk 101 Transformasi Digital Bagi UMKM sebagai rangkaian kegiatan dari UMKM Untuk Indonesia (UUI) di Kota Serang, Banten.

Acara ini bertujuan untuk mengakselerasi pengembangan UMKM, khususnya di Kota Serang, demi penguatan kapasitas dalam pemasaran melalui platform digital dan pencatatan keuangan dalam https://www.rtpbengkel138.online/ bentuk aplikasi digital. Dengan demikian, para pelaku UMKM semakin siap dalam bersaing di era teknologi digital dan dapat memperkuat perekonomian di daerahnya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, Wahyu Nurjamil memberikan apresiasi atas acara ini dan menekankan pentingnya UMKM untuk go digital.

“Transformasi digital bukan terkait pemasaran saja melainkan perubahan yang dilakukan terhadap manajemen bisnis sehingga berdampak pada pola kerja, manajemen keuangan, maupun kinerja bisnis,” ujar Nurjamil di Serang, Kamis (30/3/2023).

Sementara itu, Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat mengatakan bahwa Sampoerna berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM yang juga mencakup transformasi dan literasi digital agar usaha mikro, kecil, dan menengah semakin berkembang lagi.

“Sampoerna, melalui payung program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional,” kata Ishak.

Seperti diketahui, SETC merupakan program pembinaan dan pengembangan UMKM PT. HM Sampoerna Tbk (HMSP) di bawah payung program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, Sejak didirikan pada 2007, SETC telah memberi pelatihan kewirausahaan kepada lebih dari 65.000 peserta di seluruh Indonesia, baik secara daring maupun luring.

Direktur Eksekutif INOTEK Ivi Anggraeni berharap bahwa para pelaku UMKM yang mengikuti acara ini dapat terus meningkatkan kapasitas ilmu bisnis digital yang diperolehnya dalam upaya mengembangkan usahanya sehingga mampu berdampak terhadap kemajuan perekonomian khususnya di Kota Serang.

“Tak hanya itu, kami juga berharap teman-teman UMKM yang mengikuti program ini dapat membagikan ilmu yang diperoleh kepada pelaku UMKM lainnya. Dengan demikian, mereka dapat bersama-sama berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia,” ujar Ivi.

Program yang dilaksanakan pada rentang waktu bulan Maret-November 2023 ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan teknologi digital para pelaku UMKM di Provinsi DKI Jakarta dan Banten sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing mereka.

Dalam pelaksanaan program UUI, INOTEK dan SETC menggandeng beberapa mitra strategis, di antaranya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kota Serang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*