Suporter Inggris Teriak ke Wartawan Israel: Free Palestine!

Puluhan ribu nasionalis ikut dalam Pawai Bendera Israel pada Minggu (29/5) yang dianggap warga Palestina sebagai provokasi dan berpotensi memicu ketegangan. (AFP via Getty Images/GIL COHEN-MAGEN)

Seorang suporter timnas Inggris viral di media sosial kala berteriak “Free Palestine” kepada seorang reporter Israel. Hal ini bermula ketika reporter tersebut mewawancarai beberapa pendukung timnas Inggris usai pertandingan melawan Senegal di babak 16 besar akhir pekan lalu.

Reporter Israel mencoba mengajak beberapa suporter Inggris untuk berteriak dengan lantang ‘It’s Coming Home’. Yang terjadi justru di luar dugaan, para suporter ini justru mengatakan dengan lantang pembebasan Palestina.

“Free Palestine!” teriaknya dengan keras.

Sontak teriakan itu pun membuat reporter asal Israel kaget dan langsung menyudahi sesi wawancara.

Adapun slogan ‘It’s Coming Home’ selalu menjadi selalu digaungkan pendukung timnas Inggris karena kerinduan terhadap trofi piala dunia untuk dibawa pulang ke kampung halamannya. Terakhir mereka menjuarai piala dunia di edisi 1966.

Upaya Inggris untuk merengkuh juara dunia tahun ini sudah berada di jalur yang benar. Inggris selalu menang besar, yakni 6-2 melawan Iran, melawan Wales menang 3-0. Meski sempat tertahan 0-0 melawan Amerika Serikat, namun di babak 16 besar mampu menang dengan skor 3-0 melawan Senegal.

Namun, upaya selanjutnya tidak mudah karena di babak 8 besar bakal menghadapi calon kuat juara lainnya, yakni Prancis, pada Minggu (11/12/22) mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*